top of page
Search
  • Writer's pictureBuana Digital Kreatif

LPPOM MUI Resmikan Laboratorium Halal di ICON CITY, Cikarang

Moeslimchoice.com | Guna meningkatkan pelayanan di bidang pemeriksaan kehalalan produk, Lembaga Pengkajian Pangan Obat-obatan dan Kosmetika Majelis Ulama Indonesia (LPPOM MUI), membuka laboratorium halal di Icon City, Deltamas, Cikarang, Jawa Barat, Senin (7/1/2019).

Direktur LPPOM MUI, H Lukmanul Hakim menyampaikan, laboratorium halal disediakan untuk memberikan layanan pemeriksaan produk secara tepat, cepat dan akurat.

Sebab menurutnya, halal-haram sebuah produk harus sangat jelas. Tak boleh ada di wilayah abu-abu.

"Nah, laboratorium ini menjadi alat bantu yang sangat efektif bagi Komisi Fatwa MUI dalam membuka tabir yang abu-abu tersebut," ujarnya.

Selain itu kata dia, keberadaan laboratorium dalam konteks bisnis, juga sangat penting karena para pengusaha membutuhkan layanan yang cepat, akurat dan efisien.

"Karena itu, kami hadir di sini menjemput bola," singkatnya.



Laboratorium halal, tambah Lukmanul, juga bisa dipandang sebagai rintisan LPPOM MUI bersama Himpunan Kawasan Industri yang sejak 2014 lalu merintis adanya kawasan industri halal terpadu di berbagai daerah di Indonesia.Menurutnya, dengan telah diperolehnya ISO 17025  untuk laboratorium LPPOM MUI, maka hasil analisisnya bisa dipertanggung jawabkan, bahkan ditanggung-gugatkan.Disisi lain, Himpunan Kawasan Industri Indonesia, Fahmi Shahab menegaskan, keberadaan laboratorium yang diprakarsai oleh LPPOM MUI merupakan rintisan yang strategis bagi kawasan industri.


Tidak hanya dalam konteks syariah, tapi juga dari sisi bisnis."Beberapa negara sudah membangun kawasan industri halal, oleh karena itu Indonesia sebagai negara industri yang mayoritas penduduknya Muslim harus bisa mewujudkan kawasan industri halal terpadu, dan laboratorium halal ini menjadi rintisan yang menggembirakan," ungkapnya dalam kesempatan yang sama.Menurutnya, kawasan industri halal bukan membuka kawasan baru dengan izin baru. Tetapi, merupakan cluster dalam skala luasan tertentu yang diperuntukkan untuk industri halal, yang secara teknis akan diatur melalui Peraturan Menteri Perindustrian."Laboratorium halal merupakan jantung dari kawasan industri halal," tukasnya.Lebih lanjut, Ketua Forum Investor Bekasi, Deddy Harsono menyatakan, dengan adanya laboratorium halal di kompleks industri, membuat perusahaan yang bergerak di industri makanan dan minuman lebih dimudahkan dalam melakukan pemeriksaan kehalalan produk."Kami menyambut baik. Jika perlu, mestinya kantor LPPOM MUI juga ada di sini agar pelayanan sertifikasi halal lebih terpadu," pungkasnya.(Ang)

28 views0 comments
bottom of page